Politician

Fadli Zon

Fadli Zon December 20, 2017
fadli zon

Fadli Zon

5.6

Anti-Corruption

4.0/10

Pro-Environment

6.0/10

Human Rights

4.0/10

Strong Leadership

8.0/10

Breakthrough Policy

6.0/10

Tak tanggung-tanggung, sejak sebelum terjun ke dunia politik hingga kini jumlah koleksi keris milik Wakil Ketua DPR RI ini telah mencapai 1.000 keris. Keris – keris tersebut berasal dari seluruh daerah di Indonesia. Menurut Fadli Zon, kegemarannya ini merupakan upayanya dalam mencintai budaya negeri ini.

Terlebih lagi keris Indonesia telah diakui serta dikukuhkan oleh UNESCO sebagai A Masterpiece of The Oral and Intengible Heritage of Humanity, pada 25 November 2005 silam. Oleh karena itu, dikatakan oleh Fadli Zon, atas dasar pengakuan tersebut seharusnya dapat mendorong anak bangsa untuk lebih serius mengembangkan pengetahuan di bidang keris. Ditambah keris memiliki nilai budaya nasional, nilai ekonomi dan nilai pengetahuan yang sangat besar.

Keris – keris koleksinya terdiri dari banyak macamnya, seperti keris tangguh dari Kediri, Singosari, Mataram, serta keris tangguh lain yang merupakan peninggalan kerajaan jaman dahulu. Dari seluruh koleksi kerisnya, Fadli Zon menyebutkan ada salah satu keris yang usianya sudah mencapai 1.000 tahun.

Disinggung mengenai harga koleksinya tersebut, Fadli Zon pun menjelaskan, sudah 20 tahun ia mengoleksi keris dengan kisaran harga saat ia beli mulai ratusan ribu hingga belasan juta rupiah. Ia pun mengaku dibantu oleh kawannya untuk merawat koleksi keris – kerisnya.

Tak hanya disimpan, koleksi kerisnya pun kerap dibawa oleh Fadli Zon saat beraktivitas, salah satunya keris pusaka Junjung Drajat. Keris tersebut selalu berada dalam mobilnya, karena ia gemar memandangi bentuk dan bagian – bagian dari keris tersebut saat di perjalanan. Ia mengaku kegemarannya membawa keris dalam mobil sudah dilakukannya sejak lama.

Fadli Zon menyatakan, koleksi keris antiknya ini telah dilaporkan pada KPK dalam Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN). Dilansir dari republika.co.id, Dari data LHKPN milik Fadli Zon, disebutkan total barang-barang seni dan antik miliknya mencapai Rp. 6,5 miliar, yang diperoleh sejak 1999 hingga 2004.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
91