Politician

Fahri Hamzah

Fahri Hamzah

Fahri Hamzah

7.4

Anti-Corruption

7.0/10

Pro-Environment

6.0/10

Human Rights

7.0/10

Strong Leadership

9.0/10

Breakthrough Policy

8.0/10

Kritikan pedasnya di sosial media, tak hanya dilakukan oleh Fahri di era kepemimpinan Jokowi saat ini. Nyatanya, hal tersebut ia lakukan sejak era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ia pun berkilah jika kritik yang dilakukannya itu bukan berarti membenci sosok pejabat pemerintah, ataupun lembaga pemerintah.

Sikap kritis yang ditunjukkan sejak era kepemimpinan SBY hingga saat ini di era Jokowi, menurutnya merupakan sebuah cara untuk memperbaiki kondisi politik atau pun kebijakan pemerintah yang berkuasa. Memang dalam penggunaan bahasa terkadang disampaikan kurang sopan, sehingga seringkali menimbulkan kontroversi di tengah masyarakat atau netizen.

Kegemarannya membaca buku serta latar belakangnya sebagai aktivis saat menjadi mahasiswa telah mempengaruhinya untuk bersifat kritis. Ia pun menyatakan, akan berhenti mengkritik jika politisi atau pejabat pemerintah yang menurutnya kurang baik telah lengser dari jabatannya. Cukup masuk di akal memang, karena saat ini Fahri Hamzah telah berhenti menyampaikan kritikannya kepada SBY.

Tak hanya lewat sosial media, kegemaran Fahri Hamzah dalam menulis buku, artikel, serta bahan bacaan lain juga merupakan salah satu media bagi dirinya dalam menyampaikan kritik. Keterampilannya dalam menulis terutama terkait permasalahan politik di Indonesia, mampu menarik perhatian bagi yang membacanya. Ditambah dengan kemauannya yang keras tetapi kurang mampu mengendalikan emosi, melengkapi sisi menarik dari kritikannya.

Beberapa kali kritik pedasnya mampu menimbulkan polemik diantara politisi, pejabat pemerintah, hingga ke tengah masyarakat. Tentunya hal tersebut juga menarik perhatian para awak media sebagai bahan pemberitaan. Fahri Hamzah menilai kritikannya itu merupakan cerminan politisi yang kritis dan moderat dalam memperjuangkan demokrasi, terutama dalam kebebasan mengemukakan pendapat.

Dibalik itu semua, sosok Fahri Hamzah ini ternyata merupakan salah seorang sosok yang berperan cukup penting dalam melahirkan era reformasi pada 1998 silam. Saat masih berstatus mahasiswa dan tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), ia bersama rekan – rekannya turut serta menumbangkan rezim orde baru.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

One comment

Comments are closed.