Politician

Joko Widodo (6,6)

Joko Widodo (6,6) December 9, 2018
Jokowi

Jokowi

6.6

Anti-Corruption

6.0/10

Pro-Environment

6.0/10

Human Rights

5.0/10

Strong Leadership

7.0/10

Breakthrough Policy

9.0/10

Joko Widodo, pria kelahiran 21 Juni 1961 ini adalah presiden Republik Indonesia yang ke-7. Sebelum menjabat sebagai presiden, beliau merupakan gubernur Jakarta yang terkenal dengan aksi “blusukan” dan pemberantasan korupsi pada sistem kepemimpinannya. Namun, identitas Jokowi sebagai politikus “bersih” belum diimbangi dengan langkah konkret seperti tidak ada peraturan perundang-undangan baru yang terbentuk untuk mendukung pemberantasan korupsi. Sebaliknya, pemberian penghargaan kepada pelapor perkara korupsi (berdasarkan PP 71/2000) turun dari Rp 200 juta menjadi maksimal Rp 200 juta.

Dalam pemerintahannya, Jokowi menolak memberikan grasi pada para penyalahgunaan narkoba karena menilai Indonesia darurat kejahatan terkait narkoba. Hal ini sempat menyebabkan Australia, Brazil, dan Belanda menarik duta besar mereka dari Indonesia.

Sebagai pemimpin, beliau dipandang sebagai sosok yang dapat diandalkan karena berhasil menunjukkan perubahan dalam masa kepemimpinannya baik itu di Surakarta (Solo), Jakarta, maupun Indonesia. Aksi “blusukan” Jokowi menjadi sorotan sekaligus strategi jitu dalam memenangkan hati setiap masyarakatnya. Selama menjabat sebagai presiden, Jokowi telah banyak membuat kebijakan untuk pembangunan infrastruktur contohnya seperti pembangunan HSR (High-Speed Rail) yang menghubungkan Jakarta dan Bandung sejarak 150 km) dan pembangunan jalan tol Trans-Sumatera yakni dari Aceh hingga Lampung.

Photo via Facebook Presiden Jokowi

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry