Article Event

Kampanye Dimulai, Ini Aturannya

Kampanye Dimulai, Ini Aturannya February 15, 2018
Kampanye Dimulai, Ini Aturannya

Adu gagasan dan ide untuk membangun daerah lewat kampanye Pilkada 2018 resmi dimulai pada, Kamis (15/2/2018). Berbagai aturan dalam melakukan kampanye pun wajib untuk diikuti oleh para pasangan calon Kepala Daerah.

“Kampanye dilarang melibatkan anak-anak, biarkan anak-anak ini tumbuh kembang sesuai dengan potensi jangan jadikan anak- anak sebagai komoditas politik,” tegas Komisioner KPU, Wahyu Setiawan dikutip dari laman detikcom.

Dalam materi kampanye juga dilarang melakukan ujaran kebencian, jika terbukti melakukan hal tersebut, dengan tegas pelakunya dapat langsung diproses sesuai hukum yang berlaku. Selain itu, KPU juga mengatur dana kampanye yang berasal dari badan hukum swasta dan partai hanya diperbolehkan maksimal sebesar Rp 750 juta. Sementara sumbangan dari pihak perseorangan hanya diperbolehkan maksimal sebesar Rp 75 juta.

“Jadi ada batas – batas maksimum sumbangan dana kampanye dari perseorangan ada batasnya, dari corporate ada batasnya,” ujar Wahyu.

voting
As a citizen, you need to know how to be a part of it, how to express yourself – and not just by voting

Jadwal kampanye ini tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 2 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1 tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota, dimana masa kampanye akan berlangsung dari 15 Februari hingga 23 Juni 2018.

Baca Juga: KPU Awasi Netralitas Media Massa

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
6