The Icon

Khofifah Indar Parawansa

Khofifah Indar Parawansa February 14, 2018
Khofifah Indar Parawansa

Kenikmatan kopi ini ternyata juga menarik hati seorang sosok mantan Menteri Sosial di era Jokowi, Khofifah Indar Parawansa. Bahkan karena memiliki karakter dan rasa yang khas itulah, ia pun mengakui jika dirinya sudah menjadi pecandu kopi. Selain rasanya, ia juga mengungkapkan, kopi merupakan minuman yang dapat membangkitkan suasana hati bagi dirinya.

Seperti dilansir dari laman jawapos.com, calon Gubernur Jawa Timur ini menyatakan, berbagai jenis kopi baik robusta maupun arabica sama-sama ia gemari. Namun dalam menikmati kopi, ia kerap menambahkan kapulaga serta tidak mencampurnya dengan gula, menurutnya, kopi yang dicampur kapulaga memberikan cita rasa yang menggoda untuk dinikmati. Selain itu, mencampur kopi dengan gula menurutnya dapat menghilangkan aroma kopi itu sendiri, serta dapat mengubah rasa kopi menjadi asam.

Kopi yang berasal dari tanah Indonesia menjadi pilihan bagi sosok aktivis perempuan Nahdlatul Ulama (NU) ini. Diakui olehnya kopi nusantara saat ini telah memiliki standar kualitas serta cita rasa yang tinggi, sehingga dapat menjadi kopi terbaik di dunia dan dapat bersaing dengan kopi yang berasal dari negara lain.

Saya ndak ngerti mengapa suka ngopi. Ngopi itu sugesti. Habis ngopi itu fresh. Habis ngopi gini saya minum air hangat, ini satu paket.

Tak hanya kopi, Khofifah juga ternyata menggemari naik gunung untuk berlibur bersama keluarga. Tak dipungkiri memang, Indonesia selain dikenal sebagai negara kepulauan juga memiliki wilayah pegunungan yang indah, sehingga kerap menarik minat para wisatawan. Diungkapkan oleh perempuan yang lahir pada 19 Mei 1965 ini, kegemarannya naik gunung sudah ia jalani sejak masih duduk di bangku SMP.

Mengoleksi kain tenun dan batik nusantara juga menjadi kegemaran lain dari sosok perempuan asal Surabaya ini. Dalam berbagai lawatannya ke seluruh pelosok nusantara, ia tak pernah absen untuk membeli kain tenun khas daerah yang ia kunjungi. Motif kain tenun dan batik tulis membuat dirinya kerap tertarik untuk mengunjungi kampung perajin di masing-masing daerah.

Bahkan saat measih menjadi anggota DPR RI tahun 1994 silam, Khofifah sempat mempelopori program untuk memajukan produksi kain tenun di wilayah Sumatera Barat. Kala itu, ketika dirinya berkunjung ke wilayah tersebut, ia melihat produksi kain tenun Silungkang asal Sumatera Barat menurun. Maka atas inisiatifnya, ia pun berkoordinasi dengan anggota DPR RI lainnya mempersiapkan anggaran pengembangan industry kain tenun Silungkang tersebut. Atas campur tangannya itulah, kini pertumbuhan produksi kain tenun Silungkang maju dengan pesat.

Photo: VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1