Article

Petahana Jalur Perseorangan Pilkada 2018

Petahana Jalur Perseorangan Pilkada 2018 February 23, 2018
petahana jalur perseorangan pilkada 2018

7 petahana kepala dan wakil kepala daerah mencalokan diri lewat jalur perseorangan di Pilkada 2018. Ini merupakan fenomena khusus, karena pencalonan petahana di daerah-daerah lainnya mendapat dukungan antusias dari partai politik.

  1. Bupati Lombok Timur, Ali bin Dachlan, calon gubernur di Pilkada Provinsi Nusa Tenggara Barat.
  2. Bupati Luwu, Mudzakkar, calon wakil gubernur di Pilkada Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).
  3. Bupati Talaud, Sri Wahyuni Maria Manalip, calon bupati (cabup) di Pilkada Kepulatan Talaud.
  4. Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, calon wali kota (cawalkot) di Pilkada Kota Makassar.
  5. Wakil Wali Kota Pagar Alam, Novirzah Djazuli, cawalkot di Pilkada Kota Pagar Alam.
  6. Wakil Wali Kota Kotamobagu, Jainuddin Damopolii, cawalkot di Pilkada Kota Kotamobagu.
  7. Wakil Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Siska Salindeho, cabup di Pilkada Kepulauan Sitaro.

Ali bin Dachlan berpasangan dengan Tgh. Lalu Gede Muhamad Ali Wirasakti Amir Murni, Rektor Universitas Nadhlatul Wathan Mataram yang pernah menjadi anggota DPRD Provinsi NTB dari Fraksi PKB. Harta kekayaan total paslon ini mencapai 107,5 miliar rupiah.

Andi Mudzakkar digandeng oleh Ichsan Yasin Limpo, Bupati Kabupaten Gowa dua periode (2005-2015) yang merupakan adik kandung Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo. Jika paslon ini menang, jabatan gubernur Sulsel diteruskan kepada dinasti Limpo. Harta kekayaan keduanya 28,8 miliar rupiah.

Maria Manali, Bupati yang pernah dinonaktifkan selama tiga bulan oleh Kementerian Dalam Negeri karena pergi ke luar negeri tanpa izin kepada Kementerian, melangkah bersama Capt. Gunawan Talenggoran, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kepulauan Talaud. Total harta kekayaan, 3,7 miliar rupiah.

Baca Juga: Pilkada 2018 Bercalon Tunggal

Pasangan Ramdhan Pomanto yaitu Indira Mulyasari Paramastuti Ilham, Wakil Ketua DPRD Kota Makassar dari Fraksi Partai NasDem. Harta kekayaan keduanya 81,1 miliar rupiah.

Novirzah Djazuli maju bersama Suharindi SJ, mantan politikus PAN yang berprofesi sebagai pengusaha properti. Paslon ini memiliki harta kekayaan 2,6 miliar rupiah.

Jainuddin Damopolii berpasangan dengan Suharjo Makalalag, pembantu Pimpinan di Sekretariat Daerah Kabupaten Bolmong. Suharjo pernah menjadi narapidana kasus korupsi Tunjangan Penghasilan Aparatur Pemerintah Desa (TPAPD) pada tahun 2009-2010 saat ia menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bappeda. Suharjo dipenjara selama satu tahun. Harta kekayaan keduanya adalah 5,8 miliar rupiah.

Siska Salindeho menggandeng Heronimus Makainas sebagai calon wakil bupatinya. Heronimus merupakan Wakil Ketua DPRD Sitaro dari Fraksi Golkar. Harta kekayaan paslon ini 3,6 miliar rupiah.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1